Catatan mimpi (3) sekolah tanpa dogma

Setelah 2 hari lembur dengan frekuensi tidur yang sporadis, akhirnya saya bisa tidur dengan nyenyak jg, walo cukup singkat (kebangun gara2 bbm pacar d’oh). Dan kali ini mimpinya cukup linear dan seru jadi bisa di ceritakan.

Saya bermimpi membangun sebuah sekolah, mulai dari bangunan sampai sistem kurikulumnya. Nuansa dan pakaiannya seperti di komik cyberpunk Akira dan Gunnm : battle angel alita. Sekolah itu bernama : “sekolah tanpa dogma”.Terletak (sepertinya) di dalam tanah, dengan konstruksi semua recycle yang dicuri dari sekolah-sekolah yang sudah established.

Yang menjadi murid adalah geng-geng anak muda, dan anak-anak jalanan. Sedangkan sebagai pengajar adalah teman-teman saya yang berbakat, dengan materi pelajaran dilakukan via komputer online, bangunan kampus sebagian besar adalah fasilitas asrama dan kebutuhan pelajar. Teman saya bernama Gembi, dia menjadi pengajar IT, dan untuk itu dia mentransfer kesadarannya kedalam komputer, Gembi hanya menggunakan 3 komputer biasa yg dihack dan disambung sebagai “wadah” kesadarannya. Dan tiap kali saya melewati “gembi” saya selalu menyembahnya dengan bersujud untuk nge-mock agama2 dogma, yang kemudian disambut tawa lebar oleh para pelajar.

Teman saya jinta, dia membuat sekolah ini self-sufficient, tidak bergantung pada PLN, dia membuat sistem tenaga sekolah berasal dari gerakan kinetik penghuninya. Jadi misal tenaga mulai habis, penghuninya harus nge-dance agar tenaga bangkit kembali ( imagine a group dance ala step up 3d ). Suasana kelas seperti di club yang jedang-jedung, dengan makanan dan minuman dan lampu remang-remang, tetap terdapat komputer-komputer dan laptop dengan murid-murid yang belajar melalui headphone. Pelajaran dilakukan secara online, diskusi melalui forum2 online, walopun murid-murid berada dalam satu kelas. Pelajaran yang dipelajari berasal dari request murid-murid, kemudian materi dipelajari dan dilakukan riset secara bersama-sama.

Yea, such a cool school :D

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s