‘Why does E=mc2?’

31nendxyxml

fiuhh, dengan susah payah dan skip beberapa halaman yang berisi perhitungan matematik sampe juga halaman ini. Buku dari Brian Cox dan Jeff Forshaw ini menjelaskan teori yang cukup sulit yaitu teori relativitas ke dalam bahasa yang sederhana, dengan persamaan matematika sesedikit mungkin. namun menurut saya buku ini masih terhitung cukup berat untuk yang tidak belajar fisika secara khusus, namun mungkin terlalu bertele-tele untuk yang sudah belajar fisika secara khusus. buat saya yang malas-malasan belajar fisika waktu sma cukup berat juga, perlu pembacaan berkali-kali, tidak bisa sekali jalan,hehe.

teori relativitas dikatakan sulit karena konsepnya yang bertentangan dengan intuisi manusia dan memerlukan banyak abstraksi, namun tanpa memahami teori relativitas, akan sulit untuk mengikuti perkembangan fisika yang terbaru yaitu fisika quantum dan usaha untuk menyatukan teori relativitas dan teori mekanika kuantum menjadi satu teori besar yang menjelaskan alam semesta secara keseluruhan.

okey, yang saya inget, bab-bab sebelumnya bercerita tentang sejarah pemikiran mengenai ruang dan waktu, dari ruang waktu absolut newtonian yang ternyata hanya seperti ‘bayangan’ terhadap ruang-waktu yang lebih mendasar yaitu ruang-waktu yang berkesinambungan, yang idenya diawali oleh galileo yang menyatakan bahwa tidak ada ruang absolut, lalu dari mentor Einstein yaitu Minkowski yang menyatakan adanya ruang-waktu yg merupakan satu entitas berkesinambungan– kemudian didahului percobaan dari Faraday mengenai gelombang elektromagnetik yang diteorikan secara matematis oleh Maxwell–  dikembangkan secara teoritis oleh Einstein dalam teori relativitas khusus.

Kemudian konsep ruang-waktu yang berkesinambungan dijelaskan secara mendetil secara konsep dan dalam persamaan matematika, dilanjutkan penjelasan mengenai teori relativitas khusus.

Dalam teori relativitas khusus dijelaskan bahwa benda-benda yang bergerak kecepatan cahaya akan mengalami pelambatan waktu (time dilation) dan bentuknya semakin pendek (length contraction), menggugurkan konsep mengenai ruang dan waktu absolut, dan dibuktikan secara matematika maupun secara eksperimen.

Teori relativitas khusus dikembangkan lagi  oleh Einstein dengan melakukan penjelasan terhadap momentum dan energi dalam ruang-waktu yang mengantarkan pada teori relativitas umum yang terkenal dengan E=mc2.

Teori relativitas umum menyatakan bahwa Energi dan massa berhubungan dengan erat. Analoginya adalah : energi (E) dan massa(m)  adalah mata uang yang berbeda, sedangkan kecepatan cahaya (c) adalah kurs sebagai nilai tukarnya. Jadi didalam setiap massa tersimpan energi yang sangat besar.

Terbukti melalui reaksi fisi, yaitu reaksi pembelahan atom yang menghasilkan energi sangat besar, contoh nyatanya adalah bom atom. Yang kedua adalah reaksi fusi, seperti yang terjadi pada inti sebuah bintang.

Bintang ‘hidup’ melalui reaksi fusi, yaitu fusi (gabungan) antara partikel-partikal atom yang membentuk jenis atom baru dan menghasilkan energi, misal pengabungan antara proton + proton menghasilkan neutron+proton dan melontarkan neutrino dan positron, nah suatu saat bintang itu akan mati karena ‘bahan bakar’ untuk reaksi itu habis, misal pada bintang bahan bakarnya adalah Hidrogen yang menghasilkan helium, jika hidrogen habis maka bintang itu akan runtuh/mati. Pada bintang-bintang berukuran dibawah chandrasekar limit (1.4 besarnya matahari) maka ia akan runtuh menjadi bintang kerdil putih yaitu bintang yang atom-atomnya mampat karena gravitasi namun lapisan elektron menahan kemampatan tersebut. Bintang kerdil putih menjadi berukuran sebesar kurang lebih seperti bumi, sedangkan untuk bintang-bintang yang berukuran sedikit diatas chandrasekar limit akan runtuh menjadi bintang bintang neutron, yang terjadi karena partikel proton + elektron melebur menjadi partikel neutron, bintang tersebut tidak lebih adalah satu partikel neutron yang sangat besar, seperti matahari yang dimampatkan menjadi satu kota, sesendok makan material bintang neutron massanya seperti satu gunung besar. Bagi bintang-bintang berukuran sangat besar, semua materi akan tertelan oleh gaya gravitasi yang begitu besar sehingga membentuk ‘black hole’ keberadaan dan penjelasan mengenai black hole ini masih di telusuri sampai sekarang.

Pheeww… masih ada 2 bab lagi. the origin of mass dan warping space-time. moga-moga otak saya bisa bertahan dan lanjut membaca. woohooo! :D

Advertisements

2 responses to “‘Why does E=mc2?’

  1. pertanyaan besarnya yang menggelitik : and why should we care? apakah ada jawabannya di buku itu?

  2. kenapa colombus perlu berlayar jauh-jauh untuk menemukan benua amerika? kenapa manusia perlu mengirim explorer ke ruang angkasa? jawabannya sama :D memenuhi rasa ingin tahu manusia..
    dan dengan pengetahuan yang baru. manusia pasti bisa dapet manfaat dari situ, misalnya contoh yang ada dibuku. berdasar penelitian paul dirac, diteorikan ada partikel bernama positron, yaitu elektron yang bermuatan positif, lalu dibuktikan ada oleh carl anderson. sekarang di rumahsakit2 yg maju udah ada alat namanya PET ( positrion emission tomography ) alat untuk scanning tubuh manusia secara 3dimensi. contoh dari film science fiction : film 2012 itu, si scientist mengetahui sisa umur matahari melalui pancaran neutrino yang ditangkap di tambang bawah tanah itu inget gak? nah tanpa teori2 quantum mechanics, engga bakal diketahui ada partikel namanya neutrino :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s