JONSIII! ANJEEEENGGGG! SIGUR ROS! FAK! ANJEEEEEEENG!

tulisan dibuat karena saya malas untuk mengulangi cerita pengalaman spiritual saya selama menyaksikan konser Sigur Rós di Fort Canning Park, Singapore 23 November 2012 lalu yang beberapa kali ditanyakan oleh teman-teman saya yang tidak bisa menyaksikan. daripada mengulangi cerita yang sama, lebih baik saya tulis, jadi jika ada yang bertanya pengalaman saya selama nonton konser tinggal kasi hyperlink saja. maklum anak hightech.

pre-show

ini adalah konser pertama saya yang dibela-belain sampai ke luar negeri untuk nonton. sebenarnya ada dua konser yang dituju yaitu sigur rós 23 nov. dan perfume di esoknya. namun tiket perfume gagal didapat karena sold out :(

berhubung saya masih semi-semi pengangguran, budget untuk senang-senang cukup minim. jadi saya terpaksa menjual synthesizer kesayangan untuk membiayai perjalanan ini. karena saya pikir barang bisa dicari lagi, tapi kesempatan menonton konser band idola hanya sekali.

tiket konser didapat, tiket pesawat dibeli. take off!

2012-11-23-06-58-07_photo

dari jakarta kami berangkat bertiga, saya (@macankampyus), luhur (@LXHXRX) dan novaro (@novarowisnu). dipesawat kamu mencermati beberapa wajah-wajah postrock yang sepertinya bersiap untuk membeli ciu (penjelasan di belakang). dugaan kami akan banyak sekali jamaah sigur rós-er dari indonesia di fort canning park nanti.

di singapura kami menginap di hostel asoy bernama Pillow and Toast di daerah Chinatown.

Filename-sam-5918-jpg

tampangnya engga seberapa tapi asik ni hostel, cukup nyaman dan dekat dengan MRT maupun tempat makan. hostel adalah pilihan tepat untuk traveler karena harga cenderung murah, dan ada kemungkinan untuk bertegur sapa dengan traveler-traveler dari belahan dunia yang lain. kali-kali ketemu jodoh. ya nggak.

oke fokus.

oh iya saya lupa belum pamer tiketnya

2012-11-23-12-43-17_photo

jadi kami landing di Changi sekitar jam 9 waktu singapura, disana kita disambut oleh danang (@daprodd) temen kita yang sudah beberapa tahun bekerja disana. tanpa daprod entah sudah tersesat kemana kita-kita ini. maaci ka daprod :*

Img_20121123_090724

di foto diatas dari kiri ke kanan (@daprodd, @macankampyus, @LXHXRX, @novarowisnu) Changi airport Pawned! SM-Town Here we go! *salah* eh iya, tapi memang betul ada konser SM-Town tepat di hari yang sama dengan konser Sigur Rós #extremeinfo

Show

setelah landing kami ber-rendezvous dengan jamaah Sigur Rós lainnya dita (@foxymathilda) di Changi lalu dengan uti (@UtiAmanda) dan siti (@sisitiasyira) di mandarin orchard. (ini panjang ceritanya). singkat cerita kami sore itu langsung menuju Fort Canning Park. kami berjalan kaki cukup jauh dari mall Rafless City, cuaca gerimis-gerimis sejuk, diperjalanan kami melewati Philatelic Museum, Freemason Hall, National Museum of Singapore yang ingin kami singgahi esok harinya tapi gak jadi :|

33075255
Freemasons-hall-civic-district-singapore-july-2011
National_museum_of_sg_s

ternyata antrian di venue sudah cukup panjang, banyaaak sekali indon-indon yang wajahnya familiar dan eksis di sosial media. menyenangkan melihat antrian konser, karena ada energi dan antisipasi yang pekat terasa. penjagaan tidak terlalu ketat, hanya satu lapis. para volunteer berkeliling menyobek tiket dan mengecap tangan dengan cap UV transparan.

oke! sekitar pukul 6 kami sudah masuk venue, okay this is it, bulu kuduk mulai berdiri, mata berkeliling mencoba memahami situasi. saya segera buang air kecil di wc umum karena di awal konser begini wc umum masih bersih dan manusiawi. dan wow, booth merchandise sudah diserbu para fans, saya tidak mau kalah ikut merangsek dalam kerumunan. dijual T-Shirt Sigur Rós Tour seharga 50SGD. mahal juga tapi demi kenang-kenangan saya beli satu. uti, dita, dan siti mencari spot bagus, ditengah lapangan. oiya lupa cerita konser sigur ros ini di adakan di Fort Canning Park yang berarti venue terbuka, untungnya tanahnya melandai kebawah sehingga nyaman untuk nonton sambil duduk-duduk, tidak terhalangi oleh penonton yang didepan.

kami semua tertolong oleh dita yang membawa jas hujan sehingga bisa digunakan sebagai alas karena rumput basah, kami mendapatkan spot yang nyaman tepat ditengah, tidak terlalu jauh dari panggung. jadi satu jas hujan kami gunakan ber-enam, saya, luhur, daprod, dita, uti, siti. novaro engga ikut karena dia ternyata hanya nonton yang Perfume. sementara luhur nonton Sigur Rós dan Perfume (lucky bitch).

cukup lama kita menunggu, dengan playlist DJ memainkan lagu-lagu yang agak-agak random tapi lumayanlah bisa menenangkan penonton. engga kebayang penonton yang ada didepan yang tidak duduk sama sekali selama berjam-jam sementara kita bersantai duduk sambil ngejus ngebir.

akhirnya pada pukul 9 musik berhenti digantikan oleh ambient sounds…

antisipasi..

antisipasi..

para penonton di belakang berteriak “SIT DOWWWN!” ke penonton didepan karena berharap dapat menonton Sigur Rós sambil bersantai duduk

Excitement tidak dapat dibendung, semua penonton akhirnya berdiri, decak keluh kesah muncul dari penonton yang berbadan tidak tinggi.

akhirnya Sigur Rós!!!!

Img_20121123_190736

foto diatas adalah satu-satunya foto yang saya ambil karena saya tidak ingin kehilangan momen sedikitpun. jadi makasih yaaa yang sudah berfoto-foto selama konser :))

Sigur Rós membuka dengan lagio i gaer yang begitu Meledak! Epic! Sound system membahana, kilat tata cahaya menyilaukan. semua syaraf seperti disengat listrik, muntah neuron. seluruh bulu kudu berdiri, penonton disekitar hanya ada 2, satu yang tercekat tidak dapat berkata kata, satunya lagi seperti saya, berteriak dengan sopan dan elegan JONSII!! ANJEEEENG! SIGUR ROOS! FAKK! ANJEEENG! sembari kelenjar lacrymal mulai kedutan nyaris membuncah. videonya bisa dilihat dibawah.

Sigur Rós membawa banyak additional player, 3 string section, 3 brass, additional keyboard dan gitar (?) tidak terlihat jelas. tapi terlihat setelah 4 tahun vakum dari live performing, mereka tidak kehilangan taji-nya. mereka begitu serius membangun pengalaman bagi penonton konsernya. harmoni antara visual art yang ditampilkan oleh layar LED sebesar panggung dibelakang, tata cahaya dan musik mereka sendiri begitu menyatu. Adalah degradatif untuk menyebut Sigur Rós hanya sebagai sebuah band. Mereka seperti orkestrasi musik, visual dan cahaya, yang tidak dapat dipisah-pisah bagian-bagiannya. Ingin rasanya bisa menuliskan apa yang terasa malam itu, langit memerah, visual art yang indah, tata cahaya, bahkan gerimis seperti menjadi bagian dari konser. yang diluar dugaan adalah mereka memainkan the best hits mereka, bukan hanya dari album terbaru.

dan menurut saya desainer visual dan tata cahaya dari konser ini layak untuk dijadikan personil band, karena begitu sinkronnya dengan masing-masing lagu. bisa dilihat di video svefn-g-englar dibawah dimana Jonsi jualan ciu.. “CIUUUUUUUUUUUU~UUUUUUUUUUU”

highlight dari lagu diatas adalah saat jonsi berteriak “ciuuuuuuuu~uuuuuuuu” ke pickup gitarnya.. ghostly.. merinding

Sigur Rós adalah satu dari sedikit band yang mampu memfungsikan hujan sebagai bagian dari show. karena selama show cuaca cenderung mendung tanpa hujan kemudian baru hujan tepat saat lagu terahir dimainkan. ketika lagu berahir hujan pun mereda, kemudian encore, hujan mulai kembali, tensi lagu meningkat hujan semakin lebat, dan ketika tensi lagu begitu intens hujan turun dengan lebat. para penonton menaikkan payung dan jas hujan, tapi lama-lama penonton paham, hujan ini adalah bagian dari show, beberapa menanggalkan payungnya. kemudian merasakan hujan menyentuh kulit, dingin. menikmati tensi lagu, tata cahaya, visual sekaligus hujan, sulit digambarkan. dan lalu ketika lagu terakhir berakhir. hujan berhenti… penonton hanya dapat tercekat dengan perasaan yang campur aduk.

dibawah adalah update foto dari @UtiAmanda tenkyuu

665294_4936906662851_206666002_o
704087_4936838661151_213861438_o
704338_4936835901082_1690736876_o
Screen_shot_2012-12-03_at_3

terimakasih Sigur Rós. sampai jumpa di Iceland.

24fb1db2356f11e2b55e22000a9f09fb_7
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s