animated Pale Blue Dot

saya nyolong artikel tentang animasi di atas dari brainpicker (website yang kayanya semua artikelnya ingin saya bookmark dan repost). sebuah animasi untuk “Pale Blue Dot” karya Carl Sagan. indah. sudah entah berapa kali video itu saya putar berulang.. sayang kurang panjang durasinya, hehe.

Carl Sagan adalah saintis yang memiliki kualitas spiritual seperti nabi bagi saya. mendengar tone suaranya saja sudah membuat ingin menangis. serasa seperti setelah melakukan sebuah kesalahan, lalu dipeluk hangat oleh ayah dan dia berkata “it’s okay, im still proud of you”.

arti dari eksistensi saya sebagai manusia sebagian besar didapat setelah saya membaca dan melihat karya-karya dari Carl Sagan, bukan dari kitab suci. membaca kitab suci serasa penuh pretensi (ini mungkin pemahaman saya saja yang masih cetek), sulit membaca kitab suci dan keluar tanpa berbagai pertanyaan. Mendengar penjelasan Carl Sagan tentang hidup, tentang kemanusiaan, membuat hati bergetar, bersimpuh, mengamini tanpa banyak pertanyaan. tanpa agama pun manusia bisa mencapai spiritualitas menurut saya. dengan constant struggle, mencoba memahami semesta secara mendalam, yang nantinya mengantar ke pemahaman mengenai diri, melalui cara apapun itu.

makasih kak @simandoux atas linknya. *sobs*

Leave a Reply

